Cara Merubah File Word Menjadi File PDF





Cara Merubah File Word Menjadi File PDF

File PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems  untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. (id.wikipedia.org).


File PDF hanya bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi pembaca dokumen file pdf, salah satunya ialah aplikasi Acrobat Reader yang banyak digunakan oleh orang dan dapat pula di download secara gratis di situsnya. Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai file pdf.

Sebelum kita lanjut, mungkin teman-teman tertarik juga untuk membaca tutorial kami lainnya dibawah ini:
Berikut ini kami akan berbagi mengenai cara merubah file yang berbentuk word menjadi file pdf, pastinya dengan bantuan sebuah aplikasi yaitu SaveAsPDFandXps. Sebelum kita merubah file word menjadi file pdf, terlebih dahulu teman-teman harus menginstal aplikasi SaveAsPDFandXps, jika teman-teman belum memiliki aplikasinya teman-teman dapat mendownloadnya di Internet.

Setelah teman-teman menginstal aplikasi SaveAsPDFandXps, waktunya kita merubah file word menjadi file pdf. Pilih file Word yang akan teman-teman ubah ke dalam bentuk file pdf, setelah itu klik Office Button yang terdapat di sudut kiri atas lembar kerja Ms. Word, kemudian pilih Save As dan pilih lagi PDF or XPS untuk merubah file Word teman-teman menjadi file PDF. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.


Setelah itu akan muncul kotak dialog selanjutnya yaitu Publish as PDF or XPS, disini kita dapat menentukan lokasi file kita yang akan tersimpan, kita juga dapat merubah nama file sesuai dengan yang kita inginkan. Jika semua sudah selesai, teman-teman tinggal mengklik Ok untuk proses perubahan dari file Word ke file PDF serta proses penyimpanan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.


File Word kita sudah berubah menjadi file PDF dan tersimpan pada lokasi yang telah kita tentukan, perhatikan gambar berikut ini.


Jika file PDF tadi dibuka maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini.


Untuk lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara merubah file world menjadi file PDF silahkan teman-teman untuk melihat pula video tutorialnya berikut ini. Selamat menyaksikan. Sebelum itu, saya mengharapkan kepada teman-teman untuk mengklik tombol SUBSCRIBE dibawah ini untuk mendukung kami agar tetap berbagi video pengetahuan yang bermanfaat kepada teman-teman semua.




Semoga artikel saya pada hari ini yang berjudul cara merubah file Word menjadi file PDF dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian, Jika teman-teman ingin berkomentar pada artikel ini, silahkan menuliskan pertanyaan teman-teman pada kotak komentar yang telah tersedia dibawah. Selamat mecoba.




Tutorial Lainnya:

0 Response to "Cara Merubah File Word Menjadi File PDF"

Posting Komentar